Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengeluarkan sebuah rentang waktu pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19. Dalam dokumen timeline tersebut, masyarakat bisa beraktivitas kembali dan bisnis bisa berjalan seperti sediakala dengan berbagai ketentuan yang harus dipatuhi bersama.

Dewan Pimpinan Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan maklumat tentang rencana pemberlakuan new normal di tengah pandemi Covid-19. Maklumat ini diterbitkan dengan Nomor: Kep-1188/DP-MUI/V/2020 yang ditandatangani oleh wakil ketua MUI KH Muhyiddin Junaidi dan sekjen Dr. H. Anwar Abbas, M.M, M.Ag.

Karena kelangkaan masker bedah dan masker respirator N95 yang ideal untuk mencegah infeksi virus Corona, kini banyak yang menggunakan masker kain sebagai upaya untuk melindungi diri dari virus Corona. Namun, bagaimanakah cara pemakaian masker kain yang ideal untuk mencegah infeksi virus Corona?
Virus Corona dapat menular melalui percikan dahak atau air liur saat penderita COVID-19 batuk atau bersin. Untuk mengurangi risiko penularan virus, orang yang sedang batuk atau bersin disarankan memakai masker guna menahan percikan cairan tubuh tersebut.
Tak sedikit orang yang menggunakan masker bedah di tengah wabah virus Corona. Namun, di tengah pandemik COVID-19 ini, masker bedah menjadi barang yang langka dan mahal. Tak hanya masyarakat, para dokter, perawat, dan seluruh petugas medis yang menangani pasien pun kini mulai kesulitan mendapatkan masker.
Oleh karena itu, banyak yang terpaksa mencari alternatif masker lain, yaitu dengan masker kain. Namun, apakah masker kain efektif mencegah penyebaran virus Corona?

Tips Menggunakan Masker Kain
Walau tidak seefektif masker bedah dalam menangkal virus, the Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan penggunaan masker kain kepada masyarakat luas untuk menekan penyebaran virus Corona, terutama oleh orang yang sudah terinfeksi virus Corona namun tidak mengalami gejala apa pun dan tampak sehat-sehat saja.
Agar masker kain tetap aman dan efektif digunakan, coba ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih masker yang sesuai dengan ukuran wajah dan dapat menutup mulut, hidung, dan dagu Anda.
  2. Cuci tangan sebelum mengenakan masker, lalu kenakan masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali masker di belakang kepala dengan erat agar masker tidak longgar.
  3. Saat masker kain digunakan, hindari menyentuh masker. Jika ingin memperbaiki posisi masker yang berubah atau longgar, cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh masker kain yang sedang digunakan.
  4. Setelah selesai digunakan, lepaskan masker dengan cara membuka tali pengikat masker di belakang kepala lalu cuci masker kain dengan air panas dan detergen.
  5. Segera ganti masker kain apabila sudah robek atau rusak.

Tips Antisipasi Virus Corona
Agar terhindar dari penularan virus Corona penyebab COVID-19, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri, yaitu:

  1. Rutin mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik.
  2. Tutup hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk atau bersin, lalu segera buang tisu ke tempat sampah.
  3. Hindari menyentuh area mata, hidung, dan mulut.
  4. Terapkan physical distancing dengan tetap belajar, beribadah, dan bekerja di rumah.
  5. Jagalah daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga di dalam rumah, mengonsumsi makanan bergizi dan suplemen, mengurangi stres, tidur yang cukup, dan tidak merokok.

Jika Anda mengalami demam yang disertai sakit tenggorokan, batuk, atau sesak napas, terutama bila dalam 14 hari terakhir Anda berdekatan dengan orang yang positif terinfeksi virus Corona atau berada di daerah endemik COVID-19, segera lakukan protokol isolasi mandiri dan hubungi hotline COVID-19 di 119 Ext. 9 untuk mendapatkan arahan lebih lanjut.

Pesan Masker Kain Secara Online
Bagi anda yang membutuhkan masker kain, dapat menghubungi produsen atau distributror yang terpercaya untuk mendapatkan masker kain yang efektif, baik bahan maupun kualitasnya. Anda dapat memesan secara online melalui salah satu produsen di kota Semarang melalui telepon atau WA 0823-2364-3005 ( Miss Nieza ).

Kementerian Agama menerbitkan aturan terkait penyelenggaraan kegiatan keagamaan di rumah ibadah menjelang diterapkannya new normal 1 Juni 2020. Aturan Kemenag tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah lbadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi.