Di balik kesibukannya, Semarang ternyata menyimpan begitu banyak lokasi wisata yang layak dikunjungi. Mulai dari wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya. Pokoknya lengkap banget!

Nah, berikut beberapa tempat wisata di Semarang terbaru dan paling hits yang bisa kamu kunjungi.

1. Ayana Gedong Songo

10 Spot Wisata Paling Hits di Semarang, Cocok Buat Liburan Akhir Tahun

Ayana Gedong Songo berlokasi di Krajan, Banyukuning, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Di sini kamu bisa nongkrong sambil menikmati beragam spot cantik.

Pengelola Ayana menyediakan banyak spot yang bisa dipakai para pengunjung untuk berfoto, di antaranya ada bubble tent, balon udara, tempat duduk unik di tengah kolam, dan hammock. Suasananya pun begitu menyegarkan, karena Ayana berada cukup jauh dari hingar bingar lalu lintas.

2. Vanaprastha Gedong Songo Park

Hasil gambar untuk Vanaprastha Gedong Songo Park

Tak jauh dari Ayana, ada juga spot keren yang bisa kamu kunjungi, Vanaprastha namanya. Lokasinya berada di kawasan Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan.

Di Vanaprastha, kamu bisa mengunjungi rumah-rumah kayu yang dibangun di tengah hutan pinus. Hanya dengan membayar biaya masuk sekitar Rp5.000, kamu sudah bisa menikmati suasana asri dan sejuk sembari berfoto ria di Vanaprastha.

3. Klenteng Sam Po Kong

Hasil gambar untuk Klenteng Sam Po Kong

Klenteng yang berlokasi di Jalan Simongan, Bongsari, Semarang Barat, ini memang sarat akan sejarah Nusantara.

Lokasi ini merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana China beragama Islam yang dikenal bernama Cheng Ho. Kamu bisa berburu spot foto menarik di sini.

Jangan lupa pula menyewa pakaian khas China yang tersedia di dekat loket utama. Waktu terbaik untuk mengunjungi Klenteng Sam Po Kong adalah sore hari.

4. Pagoda Avalokitesvara

Hasil gambar untuk Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Semarang. Sama seperti Sam Po Kong, Pagoda Avalokitesvara juga bisa menjadi spot foto yang menarik saat kamu berkunjung ke Semarang.

Pagoda yang dibangun pada 1955 ini memiliki tinggi sekitar 45 meter, yang terdiri dari tujuh tingkat. Tiap tingkatan terdapat empat buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap empat penjuru mata angin.

5. Lawang Sewu

Lawang Sewu adalah gedung bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu karena bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak, meskipun kenyataannya, jumlah pintunya tidak mencapai seribu. Bangunan ini memiliki banyak jendela yang tinggi dan lebar, sehingga masyarakat sering menganggapnya sebagai pintu (lawang).


Source : www.idntimes.com